Yogyawarta | Jendela Yogyakarta

Monday, 12 August 2019

Ini dia Oleh-oleh khas Jogja yang unik dan Ekstrim

Yogyawarta.com -- Bila anda jalan-jalan ke Yogyakarta rasanya belum lengkap jika belum membeli oleh-oleh khas Jogja yang unik dan langka ini.

Ya, oleh-oleh khas Yogyakarta ini memang memiliki keunikan tersendiri, dibanding oleh-oleh khas Jogja lainnya. Kali ini Yogyawarta akan membahas dua jenis oleh-oleh makanan khas Jogja yang belum tentu ada di daerah lainnya.

Oleh-oleh ini dibilang unik karena bahan bakunya sendiri memang terbilang cukup unik dan menarik, yaitu belut dan belalang. Kedua jenis hewan ini, tidak berada di semua tempat, hanya area tertentu saja, misalnya belut, hewan ini adalah hewan jenis binatang air, dan tidak semua perairan terdapat belut, hanya daerah dan area tertentu saja, misalnya Sawah, dan itupun tidak semua area persawahan terdapat belut.

Begitu juga dengan belalang, hewan yang satu ini pun tempat dan areanya berada di wilayah tertentu, biasanya ia banyak dijumpai di area persawahan, tanah lapang dan area rereumputan serta pepohonan.

Nah penasaran kan apa kedua nama makanan khas oleh-oleh Yogyakarta ini?

1. Keripik belut, 



Keripik belut merupakan khas makanan Yogyakarta yang unik dan menarik, sentra makanan ini berada di wilayah Kecamatan Godean. dan Pusat penjualan keripik belut berada di sebelah Timur Pasar Godean, di Pusat penjualan keripik belut terdapat puluhan pedagang yang siap melayani para calon pembeli. Paling tidak ada tiga jenis keripik belut yang di jual di sini, Pertama; keripik belut tanpa tepung, Kedua; keripik belut tepung tipis, Dan Ketiga; Keripik belut tepung tebal.

Soal rasa, keripik belut memiliki khas tersendiri, selain renyah, rasa dan aromanya membuat makanan ini semakin nikmat disantap.

Harga keripik belut: Rp. 125.000-170.000 / kg

2. Belalang Goreng,

@brs_id


Makanan khas Yogyakarta ini terbilang cukup ekstrim, ya bagi sebagian orang makan belalang goreng adalah sebuah tantangan tersendiri, karena tidak semua orang berani memakan belalang goreng.

Belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang jalan Wonosari kabupaten Gunung Kidul, masayarakat di sana banyak yang memproduksinya, berbahan dasar walang dalam bahsa jawanya, makanan ini banyak diburu oleh wisatawan lokal dan nasional.


Ada beberapa varian rasa belalang goreng, antara laiin pedas dan gurih. Jika anda penasaran ingin mencobanya, silahkan datang langsung ke pusatnya di Gungung Kidul. Di sepanjang Jalan Wonosari.

Harga belalang goreng: Rp 30.000 - 50.000 / toples

Nah, inilah makanana oleh-oleh khas Yogyakarta yang unik dan ekstrim yang patut anda coba.

0 comments

advertise here