Yogyawarta | Jendela Yogyakarta

Friday, 16 August 2019

Oleh-oleh khas Jogja Terpopuler, dari makanan hingga barang

Inilah daftar oleh-oleh khas Jogja yang cukup Populer.

Soal oleh-oleh Jogja memiliki banyak makanan khas yang layak menjadi buah tangan untuk keluarga, kerabat maupun teman anda di rumah.

makanan khas jogja ini banyak ditemui di pusat oleh-oleh yang tersebar di beberapa wilayah kota Yogyakarta. Apa saja makanan khas oleh-oleh Jogja yang patut anda beli, berikut beberapa alternatifnya:

1. Gudeg

image: makangudeg.blogspot.com

Ini adalah makanan jenis sayuran, terbuat dari nangka muda, di masak dengan teknik khusus dan memiliki cita rasa yang khas, cocok disantap saat sarapan, makan siang maupun makan malam, harganya juga cukup terjangkau. Ada yang dikemas biasa, seperti sayuran pada umumnya, ada juga yang sudah berbentuk kalengan.

2. Bakpia

image: krjogja.com

Makanan berbentuk bulat ini adalah salah satu jenis oleh-oleh paling populer di Jogja, rasanya manis, di dalamnya berisi kacang hijau yang sudah dilembutkan, namun ada juga variasi lain yang bukan kacang hijau, yaitu ketela ungu.

3. Geplak

image: bisnisusahaonline.com

Geplak merupakan  jajanan khas Jogja yang terbuat dari kelapa, gula, tepung beras atau ketan. Makanan khas Bantul ini bulat dan memiliki berbagai rasa manis, durian, jeruk hingga stroberi. Berbagai macam warna yang cerah membuat makanan ini jadi lebih menarik para pembeli yang penasaran akan rasa dan tertarik dengan warnaya yang mempesona.

4. Salak pondoh

image: kupastuntas.com

Salak Pondoh adalah buah khas Sleman, Jogja, buah ini tumbuh subur di sekitaran lereng Gunung Merapi. Ukurannya ada yang kecil sedang maupun besar, rasanya manis dan renyah. Jika Anda ingin memilih buah salak Anda sendiri, cukup datang ke desa wisata di daerah Sleman, di dekat lereng Merapi.

5. Yangko

image: katalogkuliner.com

Yangko adalah oleh-oleh dari Yogyakarta. Terbuat dari tepung beras ketan, makanan khusus Kotagedhe berukuran kecil dan persegi panjang. Ketika dimakan, rasanya manis, lembut, dan sedikit elastis di lidah. makanan khas Jogja ini sangat mudah ditemukan di beberapa pusat oleh-oleh khas Jogja. Tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh dari Yangko direkomendasikan di kota Gedhe.

6. Tiwul

image: sindonews.com

Makanan khas Gunungkidul terbuat dari singkong. Tiwul Gunungkidul rasanya enak dan halus, juga cocok untuk dimakan dengan menu lain, seperti sayur dan lauk. Jika Anda bepergian ke Gunungkidul, jangan lupa untuk membeli suvenir Tiwul ini. Untuk mendapatkannya anda bisa datang ke toko-toko suvenir di sepanjang jalan regional Gunungkidul.

Selain makanan anda juga dapat membeli oleh-oleh berupa barang, berikut barang-barang khas Jogja yang layak anda beli.

7. Batik

image: sobatjogja.com

Souviner paling terkenal di Jogja, Batik. Model klasik, cerah atau kontemporer. Jarik, kain batik, pakaian, Jarik, sarung dan lain-lain. Batik Jogja mudah diperoleh di sepanjang Jalan Malioboro atau di pasar Beringharjo. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang batik tulis asli, datanglah ke Desa Wisata Giriloyo, karena di situlah pusat kerajinan batik terbesar di Yogyakarta berada.

8. Perak Kotagede

image: halimahfitriyan.web.ugm.ac.id

Kerajinan perak Kotagede adalah salah satu kerajinan khas Jogja. Secara umum, perak menjadi perhiasan, berupa cincin, anting gelang dan kalung, ada juga hiasan untuk rumah seperti ornamen dan lainnya.

9. Gerabah Kasongan

Kasongan adalah nama salah satu daerah di  Bantul, di sini terdapat berbagai macam kerjainan gerabah yang terbuat dari tanah liat, bentuknya bermacam-macam, serta ukurannya pun bervariasi.

image: infobudaya.net

0 comments

advertise here